Berkata Al Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad dalam kitab Nasoih Ad Diniyyah prihal keutamaan sepuluh hari terakhir bulan ramadhan:
Keutamaan sepuluh hari terakhir dan malam Lailatul-qadr
Adalah diriwayatkan, bahwa Nabi ‘alaihis-shalatu was-salam senang menggandakan amal dalam bulan Ramadhan lebih dari bulan-bulan yang lain. Dan dalam masa sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan pula, baginda akan lebih rajin lagi beramal dari pada seluruh bulan Ramadhan itu.
Nyatalah baginda melakukan yang demikian itu, kerana keutamaan sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan itu dan lain-lainnya dari bulan itu. Baginda juga telah menganjurkan kita supaya mencari malam Lailatul-qadr pada malam-malam sepuluh hari terakhir itu juga. Para ulama rahimahumullah berkata : Kemungkinan adanya Lailatul-qadr itu berlaku pada malam-malam yang ganjil dari sepuluh hariterakhir dari bulan Ramadhan.
Tegasnya, setiap Mu’min harus berhati-hati menyediakan diri untuk mencari malam Lailatul-qadr itu pada setiap malam dari malam-malam bulan Ramadhan. Hendaklah bersedia awal-awal lagi untuk malam itu dengan memperbanyak amal saleh, kerana yang demikian itulah menjadi tujuan utamanya. Kelak apabila tidak saja malam Lailatul-qadr, ia di waktu itu sedang sibuk dengan amalannya, sedang tekun berzikir kepada Allah Ta’ala, tidak lalai, atau lupa, atau cuai. Jika demikianlah sikapnya pada setiap malam Ramadhan, maka tidak perlu ia menunggu-nunggu lagi malam Lailatul-qadr, sama ada ia melihatnya atau tidak. Sebab orang yang beramal dengan ketaatan Allah pada malam Lailatul-qadr itu, menjadi amalannya lebih utama dari amalan seribu bulan, tidak kira sama ada ia mengetahui malam Lailatul-qadr itu, ataupun ia tidak mengetahui.
Hanyasanya saya anjurkan agar ia sentiasa berhati-hati untuk mencari Lailatul-qadr dengan menyediakan diri untuk beramal. saleh pada setiap malam dari malam-malam bulan Ramadhan, supaya amalannya terliput dalam malam Lailatul-qadr itu.
Para ulama telah berselisih pendapat dalam menentukan masanya, malam yang mana satu yang dikatakan malam Lailatul-qadr. Setengah mereka mengatakan, bahwa malam Lailatul-qadr itu tidak tertentu pada satu-satu malam dari malam-malam bulan Ramadhan. Yang lain mengatakan, bahwa malam itu berpindah-pindah, tidak dapat ditentukan pada sesuatu malam yang tetap.
Pada pendapat saya malam Lailatul-qadr itu tidak tertentu, dan mungkin sekali ia berlaku pada malam yang lain daripada malam-malam sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan, meskipun pendapat terbanyak mengatakan bahwa kemungkinan berlakunya malam Lailatul-qadr itu pada malam-malam sepuluh hari terakhir.
Memperbanyak kebajikan di bulan Ramadhan
Perbanyakkan amal ibadat dan perbuatan baik di bulan Ramadhan sekadar kemampuanmu, kerana kelebihan bulan itu, dan kerana semua ganjaran Tuhan pada bulan itu adalah digandakan, di samping pahalanya yang banyak dan kemudahan terdorongnya seseorang untuk melakukan segala yang baik.
Tentang ganjaran yang berganda-ganda, terdapat suatu riwayat yang mengatakan bahwa suatu shalat sunnah pada bulan Ramadhan dikira pahalanya seperti pahala shalat fardhu.
Sedangkan pahala shalat fardhu pula digandakan pahalanya sama seperti pahala tujuh puluh shalat pada selain bulan Ramadhan. Alangkah bodohnya orang yang mensia-siakan peluang memperoleh keuntungan ini, serta bermalas untuk memburu perniagaan yang tidak akan merugikan itu.
Adapun tentang kemudahan terdorongnya seseorang untuk mengerjakan kebajikan pada bulan Ramadhan, kerana nafsu yang ammarah bis-su’ (yang sering menyeret kepada kejahatan), pada ketika itu sedang terpenjara disebabkan lapar dan dahaga. Manakala syaitan-syaitan yang menggoda dan menghalang dari perbuatan baik,sedang terbelenggu, tidak dapat mengacau dan mengajak manusia untuk berbuat jahat. Lantaran itu tidak ada halangan lagi bagi seseorang untuk berbuat baik, dan tidak ada alasan untuk tidak beramal, kecuali jika diri orang itu telah dibelit oleh kelakuan yang jahat serta dikuasai oleh sikap yang mengecewakan, mudah-mudahan kita dilindungi oleh Allah Ta’ala dari sifat-sifat ini. Maka orang yang seumpama itu, padanya bulan Ramadhan atau bulan lainnya saran belaka, sebab dia sedang lena dan lupa kepada Allah SWT Malah ada kalanya, dia lebih lalai dan lupa akan Tuhan nya pada bulan Ramadhan khususnya dan bulan-bulan yang lain.
Sebagaimana seorang Mu’min itu harus memperbanyak amal ibadat pada bulan Ramadhan, dan berlumba-lumba untuk mengerjakannya, demikian pula hendaknya ia mengamati diri dari melakukan dosa dan maksiat. Seharusnya ia meletakkan dirinya sejauh yang boleh dari perkara-perkara yang dilarang oleh agama. Sebab maksiat dalam masa-masa yang dimuliakan Allah itu adalah dosanya amat besar dan berganda-ganda, samalah seperti bergandanya pahala terhadap amal ibadat dan kebajikan pada masa-masa yang mulia itu.